Sabtu, 29 Agustus 2015

Judging easily

Apa sih definisi orang baik dan orang jahat? Kenapa orang begitu mudahnya mencap seseorang bahwa dia baik, dia gak bener? Orang bertato dan Pemabuk adalah orang gak bener, itukan pemahaman yang mayoritas ditanamkan para orang tua?
Saya punya seorang kenalan, mas T. Ayah dan Ibu saya tidak suka kalau saya berteman dengan mas T ini, salah satunya karena dia bertato. Saya bisa memahami kekhawatiran orang tua  saya akan anaknya. Sepengetahuan saya, mas T ini sebenernya orang yang baik, saat saya cerita bahwa saya sedang belajar menyetir, dia menawarkan diri mengajari saya tanpa imbalan. Mas T ini tipe orang yang senang bercerita. Menurut ceritanya, sejak kecil dia tidak suka belajar, orang tuanya memiliki anak yang cukup banyak, sehingga kesulitan ekonomi. Sedari sd dia sudah menjadi kuli bangunan, dari upah sebagai kuli itu dia sisihkan untuk modal usaha membuka warung tenda pecel lele. Hingga kini usahanya sudah sangat lumayan menghasilkan, bahkan dia sudah tidak perlu bekerja, karena sudah punya pegawai. Meskipun gayanya slengean dan urakan, saya percaya mas T ini orang yang baik, kendati orang lain mencapnya orang gak bener.

Saya suka mengobrol dengan siapa pun. Kendati orang lain bilang mereka anak nakal atau orang gak bener. Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari mereka. Saya rasa mereka hanya kurang beruntung, dilahirkan di lingkungan yang tidak ‘nyaman’. Betapa beruntungnya kita memiliki orang tua yang peduli jikalau anaknya berbuat salah dan selalu mengarahkan pada hal-hal baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar