Sabtu, 08 November 2014

Rice Pudding Recipe

Kalau lagi di rumah libur aktivitas kurang afdol rasanya kalo ga nyoba resep-resep masakan baru (re: gagal diet). Macam emak-emak saja yah, hahaha. Harap maklum, karena kedua orang tua saya bekerja, jadi kalau saya dan kedua adik saya sedang di rumah maka harus membagi-bagi tugas rumahan, ada yang bersih-bersih, ada yang ngurusin cucian, ada yang ngurus soal makan.
Saya rasa masalah klasik yang hampir dijumpai hampir setiap rumah yaitu sisa nasi yang kemarin malam tidak habis termakan sehingga bingung paginya sisa nasi mau diapakan, pilihan akhir paling-paling dibuat nasi goreng. Merasa bosan dengan menu nasi goreng itu itu lagi akhirnya saya coba googling resep makanan berbahan dasar nasi, hingga akhirnya ketemu dengan resep rice pudding khas Turki alias pudding nasi yang akan saya bahas di postingan ini.

Rice Pudding


Bahan:
§  1 cup nasi putih matang
§  Nestle cerelac kacang hijau sachet kecil (modifikasi, resep asli tidak pakai)
§  2 cup fresh milk (saya subtitusi dengan susu bubuk yang dicairkan)
§  Pipilan jagung secukupnya
§  1/4 cup gula
§  1/4 sdt garam
§  1 kuning telur
§  1 sdt vanilla extract
§  1 sdt mentega
§  Bubuk kayu manis untuk garnish (bisa diganti sesuai selera)

Cara membuat :
§  Rebus nasi, susu,pipilan jagung, garam, gula, aduk sesekali sampai mendidih.
§  Kecilkan api, aduk terus sampai susu terserap seluruhnya dan adonan mengental.
§  Matikan api, masukkan kuning telur, aduk cepat. Masukkan butter, aduk lagi. Terakhir masukkan vanilla extract, aduk rata.
§  Tabur bubuk kayu manis sesuai selera

PS:
Sebenarnya di resep asli setelah pudding jadi langsung dimasukkan loyang lalu dipanggang dalam oven, setelah dingin baru di masukkan ke kulkas, dan siap disajikan. Namun pudding yang saya buat sengaja  tidak dimasukkan ke oven terlebih dahulu, karena saya kurang menyukai tekstur pudding yang crunchy.


Awalnya saya agak pesimis sih dengan menu resep yang satu ini. Tapi kalau dilihat dari gambarnya yang cukup menggiurkan, jadi akhirnya kembali semangat untuk mencoba resep pudding ini. Dan setelah dicoba ternyata rasanya enak. Selain bergizi, pudding nasi ini bisa jadi kudapan sehat untuk mengisi energi sebelum beraktivitas, maupun camilan kumpul keluarga. Selamat gagal diet mencoba! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar