Senin, 01 Desember 2014

Manfaat Kopi

Saya akui pemahaman saya mengenai kopi sangat sedikit, karena saya memang bukanlah seorang pecinta kopi, bisa dibilang saya ini hanyalah pecandu kopi. Kendati memiliki penyakit maag, saya tetap keukeuh mengonsumsi kopi di pagi hari dengan keadaan perut kosong. Sounds like bapak-bapak, eh? Insomnia bawaan sejak kecil pun tidak menyurutkan kebiasaan saya untuk mengkonsumsi kopi, meskipun berkali-kali diceramahi ibu saya, hehe.


Entahlah, tanpa secangkir kopi rasanya saya tidak dapat memulai hari. Saya sendiri juga tidak tau kenapa jika sehari tanpa kopi rasa kantuk selalu menghinggapi sepanjang aktivitas, hahaha, suggesti mungkin? Saking penasarannya dengan efek short term setelah minum kopi saya bahkan searching di internet. Ternyata rasa lemas dan kantuk yang ‘terobati’ dengan minum secangkir kopi ini disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi. Kafein ternyata berfungsi sebagai perangsang susunan saraf otak, system pernapasan, serta system pembuluh darah dan jantung sehingga setelah mengkonsumsi kopi  kita akan merasa segar, daya berpikir lebih cepat, dan tidak mudah lelah.

Selain sebagai pelengkap untuk memulai aktivitas pagi, saya juga biasa minum kopi sebelum jogging supaya lebih semangat dan tidak mudah capek saat berlari. Saya pernah baca di website DuniaFitness, Denny santoso  bahwa selain meningkatkan daya tahan tubuh, kopi berguna pula dalam proses pembakaran lemak yang dapat membantu meningkatkan massa otot. The Australian Institute of Sport Team menemukan bahwa kafein pada kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi . Kafein juga telah banyak digunakan oleh banyak atlet terutama binaraga sebagai cara mendapatkan energi tambahan pada setiap ajang perlombaan.

Dengan mengonsumsi kopi, tubuh termobilisasi untuk membakar lebih banyak timbunan lemak selama berolahraga. Kafein membantu memecah lemak menjadi sumber energi siap pakai berupa asam lemak. Hal ini mendorong tubuh lebih banyak memanfaatkan lemak, sehingga pembakaran karbihidrat menjadi lebih terbatas. Yang perlu diperhatikan hanya jumlah gula yang ikut masuk bersama kopi ;D. Bahkan International Coffee Organization menyatakan bahwa mengonsumsi 150 gram kafein (ukuran yang biasanya ditemukan pada secangkir kopi) dapat mengurangi rasa kelelahan serta mampu meningkatkan kinerja saat berolahraga.

Rupanya ada banyak sekali manfaat minum kopi yah ternyata. Kendati kopi ternyata memiliki banyak efek baik, namun tetap saja segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan berdampak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, cukup konsumsi kopi dalam batas wajar saja yah, sekitar1-3 cangkir per hari.

Ah yaa, di bawah ini saya sertakan link video lagu youtube untuk didengarkan sambil menyeruput secangkir kopi di pagi hari, check this one out ;D.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar