Selasa, 03 Februari 2015

Musik Korea

Demam korea lagi merajalela dimana mana sepertinya. Televisi lokal pun sepertinya berlomba-lomba untuk menayangkan drama yang berasal dari negeri gingseng ini. Tidak sedikit pula budayawan yang mengomentari invasi budaya korea yang mulai mewabah di Indonesia. Korean wave, istilah masuknya budaya korea dimana mana.

Jujur, saya kurang suka dengan tayangan sinetron Indonesia saat ini, ceritanya kurang mendidik (ini pendapat saya pribadi lho :p). Kalau lagi mau nonton drama untuk mengisi waktu senggang akhirnya saya lebih memilih menonton drama luar, misalnya Jepang, India, maupun korea. Namun akhir-akhir ini saya jadi suka nonton beberapa drama korea, beberapa ceritanya cukup bagus dan mendidik. Kadang saya prihatin juga kenapa Indonesia kok gak bikin sinetron dengan tujuan untuk mengubah pola pikir masyarakatnya yah? bukan melulu meikirkan rating semata demi tujuan komersial seperti GGS misalnya.

Saat streaming di youtube biasanya saya lebih suka mendownload musik. Kegemaran saya akan musik ini mungkin karena yai (sebutan kakek) juga sangat menyukai musik. Hanya saja beliau berbakat di musik, sedangkan saya tidak. Beliau bahkan merupakan salah satu dosen seni musik di salah satu universitas negeri di Jakarta. 

Seperti halnya drama korea, awalnya saya memandang music korea tidak ada apa-apanya dibanding penyanyi dan musisi Amerika. Ternyata saya salah besar, music korea tidak melulu digandrungi karena tarian unyu-unyu dan penyanyi yang tampan dan cantik. Ada beberapa penyanyi yang cukup bagus pula ternyata, apalagi jika kita menonton ajang pencarian bakat musiknya, saya acungi jempol. Ada beberapa pula yang pandai sekali mengaransemen music sehingga asik didengar. Bahkan penyanyi Indonesia Gammaliel dan Audrey pun pernah mengcover lagu korea Heaven yang dinyanyikan oleh Ailee.

Hal yang saya kagumi dari Korea salah satunya adalah kegigihan. Untuk mempersiapkan debut mereka bahakan melakukan persiapan latihan yang cukup lama (bahkan bertahun-tahun). Mungkin kegigihan dalam berusaha inilah salah satu hal yang patut di contoh Indonesia jika ingin semaju Korea (cmiiw). Meskipun ada pula yang memang murni memiliki bakat seperti Choi Sung Bong. Saya ikut terharu membaca riwayat hidupnya, yang besar di jalanan.

Berikut saya sertakan link beberapa video yang saya sukai. Selamat menonton ;D 

Audisi Choi Bong Sun




Video Clip Yoseob dan Eunji


 Audisi Kpop Star

Akdong Musician  (Rolling in the deep cover mix)


Audisi Shin Jihun
(fall too deep with her voice :D)



Lee Hi in Kpop Star





Tidak ada komentar:

Posting Komentar